Rabu, 30 Juli 2008

Isra’ Mi’raj (tahap pembuatan)

Alhamdulillah, hari ini bisa mosting.Hari ini adalah hari libur Isra’ Mi’raj. Bagi anak sekolahan seperti saya, tentu saja hari libur merupakan salah satu sarana penyegaran di tengah-tengah kesibukan sekolah (Hehehe...). Namun, karena liburnya disebabkan oleh peristiwa yang besar (Bahkan perintah sholat diberikan ke Nabi Muhammad saw. Di peristiwa ini), saya jadi tertarik mengangkatnya menjadi topik utama artikel kali ini.

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang cerita Isra’ Mi’raj. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu hadits-hadits dan ayat-ayat Qur’an mana saja yang menerangkan tentang Isra’ Mi’raj. Jadi, saya akan bercerita lagi tentang Isra’ Mi’raj (mungkin agak membosankan) dengan Hadits-Hadits dan ayat-ayat Al-Qur’an tentangnya.

Kejadian Isra’ Mi’raj dimulai dengan kejadian meninggalnya istri Rasulullah saw. Yang pertama, yaitu Khadijah ra. dan paman Rasulullah saw., Abu Thalib. Keduanya merupakan pendukung-pendukung Rasulullah saw. dalam menyebarkan agama Islam (meskipun Abu Thalib merupakan orang kafir sampai akhir hayatnya) yang sangat gigih dan Khadijah merupakan salah satu orang yang pertama kali memeluk Islam. Dan lagi, keduanya merupakan orang-orang yang disayangi Rasulullah saw. (bahkan saking sayangnya dengan Khadijah, Rasulullah baru menikah lagi setelah Khadijah meninggal dunia).

Rasulullah saw. sangat sedih atas meninggalnya dua orang yang dicintai dan disayanginya itu. Allah swt. pun

Sekarang Isra' Mi'raj diperingati setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriah. Sebenarnya, tentang kapan terjadinya Isra' Mi'raj sendiri tidak ada penjelasannya baik di Al-Qur'an maupun di Hadits-Hadits Rasulullah saw. bahwa Isra' dan Mi'raj terjadi di malam tanggal 27 Rajab.


Tidak ada komentar: